Administrator

Apa sih bedanya SNI, DOT dan SNELL ? part 1

Sebagai orang Indonesia,pasti mengetahui tentang SNI. SNI atau Standar Nasional Indonesia adalah uji kualitas produk agar bisa dipasarkan di Indonesia. Berdasarkan Pasal 1 angka 3 Peraturan Pemerintah No. 102 Tahun 2000 tentang Standarisasi Nasional (PP 102/2000), SNI adalah standar yang ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional dan berlaku secara nasional. Berdasarkan Pasal 14 ayat [1] PP 102/2000, terhadap barang dana atau jasa, proses, sistem dan personel yang telah memenuhi ketentuan/spesifikasi teknis SNI dapat diberikan sertifikat atau dibubuhi tanda SNI. Sertifikat itu sendiri adalah jaminan tertulis yang diberikan oleh lembaga/laboratorium yang telah diakreditasi untuk menyatakan bahwa barang, jasa, proses, system atau personel telah memenuhi standar yang dipersyaratkan (Pasal 1 angka 12 PP 102/2000). Sedangkan tanda SNI adalah tanda sertifikasi yang dibubuhkan pada barang kemasan atau label yang menyatakan telah terpenuhinya persyaratan Standar Nasional Indonesia.

SNI ini diberlakukan karena menyangkut keselamatan, keamanan, kesehatan masyarakat atau pelestarian lingkungan hidup. Helm sebagai perlengkapan keselamatan dan keamanan dalam berkendara, tentu harus sudah melewati uji SNI. Helm yang sudah mendapatkan tanda SNI (sertifikasi), pada setiap helmnya akan dibubuhkan logo SNI secara timbul (embos). Selain SNI,ada beberapa jenis standar keselamatan lainnya seperti DOT dan SNELL. 

DOT (Department of Transportation) adalah Departemen Transportasi di US. DOT memiliki standar tersendiri untuk helm-helm yang boleh beredar di US. Oleh karena itu, para produsen helm harus melakukan uji kelayakan atas produk mereka jika ingin memasarkannya di US. Jika produk mereka lulus uji, maka mereka bisa menempelkan stiker DOT pada helm produksi mereka.

Sedangkan SNELL adalah standar yang ditetapkan oleh SNELL MEMORIAM FOUNDATION. SNELL MEMORIAM FOUNDATION merupakan lembaga institusi standar independen yang tidak terikat pada regulasi negara. Para produsen helm kelas dunia mendukung lembaga ini dan mengakui bahwa lembaga ini memiliki standar yang tinggi. SNELL bahkan melakukan uji kelayakan yang lebih ketat jika dibandingkan dengan DOT.

Helm yang sudah mengantongin sertifikat DOT dan SNELL menandakan helm tersebut sudah diakui secara internasional. Kisaran harga untuk helm yang memiliki tanda DOT dan SNELL juga lebih tinggi karena sebanding dengan kualitasnya.