Administrator

Mengenal jenis tali pengikat pada helm.

Mengenal berbagai jenis tali pengikat helm.

Salah satu bagian pada helm yang terpenting adalah tali pengikat (chin strap). Pastikan jenis tali pengikat helm yang terpasang di helm kalian sudah lolos SNI dan terbuat dari bahan yang kuat. Pertanyaannya, jenis tali pengikat apakah yang terpasang di helm kalian? apakah kalian tahu perbedaan dari masing - masing tali pengikat helm?
Berikut jenis tali pengikat helm yang beredar di pasar khususnya di Indonesia berdasarkan penguncinya :

1. Quick Release Buckle, tipe ini paling sering ditemukan di hampir semua helm yang beredar di Indonesia. Penggunaannya yang mudah dan tidak ribet menjadikan tipe pengunci ini paling banyak disukai dan digunakan oleh pengguna helm. Tidak disarankan untuk touring atau berkendara jarak jauh.

2. Microlock, tipe ini juga tergolong mudah. Mirip seperti Quick Release Buckle, hanya cukup memasukan ujung tali helm yang bergerigi ke dalam pengait. Biasanya terbuat dari plastik. Cara membukanya pun sangat mudah, cukup mengangkat / menarik pengait helm sehingga tali helm bisa dilepaskan. Tidak disarankan untuk balapan.

3. Double D Ring atau DD Ring, tipe ini sangat sederhana namun sangat aman (safety). Banyak ditemukan pada helm - helm tertentu, termasuk helm fullface dengan harga yang mahal. Sangat cocok dan disarankan untuk menggunakan helm yang memiliki pengikat seperti ini ketika hendak touring atau balap motor. Meskipun cara pemasangannya terkesan ribet dan susah, namun sangat aman (safety).

Semoga bermanfaat Bro & Sis